Breaking News

Senin, 18 Juli 2016

Teknik Dasar Mendesain Lan ( Local Area Network )

Mendesain sebuah LAN sederhana dengan 10 sampai 20 workstation pada satu atau dua buah komputer server tidaklah terlalu sulit. Anda cukup menghubungkan workstation tersebut dengan server melalui concentrator maka jaringan sudah akan dapat berjalan dengan baik. berikut sedikit ulan tentang LAN (Local Area Network).

Pengertian
Jaringan wilayah lokal (bahasa Inggris: local area network biasa disingkat LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
Jaringan LAN

 .
Sejarah
Peningkatan permintaan dan penggunaan komputer di universitas dan laboratorium riset pada akhir tahun 1960an membutuhkan tersedianya interkoneksi kecepatan tinggi antar sistem komputer. Sebuah laporan dari Lawrence Radiation Laboratory pada tahun 1970 menjelaskan pertumbuhan jaringan Octopus mereka memberikan indikasi situasi yang bagus.
Cambridge Ring dibangun di Universitas Cambridge pada tahun 1974 namun tidak sukses sampai ke tahap produk komersial.
Ethernet dibangun di Xerox PARC tahun 1973 - 1975 dan dipatenkan di Amerika (U.S. Patent 4.063.220). Pada tahun berikutnya setelah sistem selesai dibangun di PARC, Metcalfe dan Boggs mengumumkan makalah "Ethernet: Distributed Packet-Switching For Local Computer Networks."
ARCNET dibangun oleh perusahaan Datapoint pada tahun 1976 dan diumumkan tahun 1977. Itu adalah instalasi komersial pertama dibuka pada bulan Desember 1977 di Chase Manhattan Bank New York.

ada beberapa faktor yang perlu anda perhatikan dalam mendesain LAN agar jaringan tersebut dapat berjalan dengan baik. Faktor-faktor tersebut antara lain :
  • Bandwidth yang tersedia mampu memberikan layanan seimbang di dalam jaringan 
  • penentuan prioritas terhadap suatu jaringan tertentu.
  • Kebijakan pengamanan jaringan dan sistem operasi
  • trafik jaringan yang dapat berfungsi secara maksimal
  • mengatasi masalah yang timbul pada salah satu jaringan dengan memberikan alternatifnya. 
karena faktor-faktor diatas, seorang administrator jaringan juga harus memperhatikan beberapa prinsip berikut:
  • ketersedian sumberdaya seperti aplikasi, software program, dan file-file dari satu server ke server lainnya.
  • kemampuan sumberdaya manusia, baik secara logik maupun fisik yang menggunakan jaringan tersebut.
  • penambahan jumlah server termasuk user yang dapat mengakses server dengan memperlihatkan beban jaringan atau bandwith yang tersedia.
kunci utama mendesain sebuah jaringan yang baik adalah bagaimana menempatkan klien berhubungan dengan server. idealnya, setiap workstation berada pada tempat yang sama secara logik dengan servernya. berbeda dengan fisik network yang berarti bahwa workstation dan server dihubungkan melalui sebuah concentrator.

setelah suatu jaringan dapat anda desain dengan baik, langkah selanjutnya adalah melakukan optimasi atas jaringan tersebut.

KOMPONEN LAN 

untuk membangun sebuah LAN dibutuhkan beberapa komponen yang menunjang gar setiap komputer dapat berkomunikasi dengan baik. Komponen tersebut adalah:
  • Kartu interface
  • Concentrator
  • Transciever
  • Perangkat komputer
  • Sistem operasi
Kartu  Interface
agar sebuah komputer dapat berkomunikasi dengan komputer lain maka diperlukan perangkat yang berupa kartu  Interface atau Interface Network Card (NIC). kartu ini dapat dipasangkan pada slot ekspansi pada motherboard komputer.

Kartu Ethernet





Concentrator 
concentrator adalah pernagkat bantu jaringan berupa hub atau switch. pernagkat ini menjadi sentral dalam sebuah jaringan, di mana setiap workstation dan komputer server akan terhubung melalui concentrator ini. concentaror berfungsi sebagai pengatur lalu lintas paket data di dalam jaringan. pada concentrator ini terdapat port yang menghubungkan komputer dan perangkat lainnya di dalam jaringan.

Fungsi Switch

Transceiver
adalah media komunikasi dan transfer paket di dalam jaringan komputer. Transceiver ini terdiri dari beberapa macam, seperti kabel, gelombang frekuensi, fiber optic dll.
bentuk cable coaxial
Perangkat komputer
berdasarkan fungsinya, perangkat komputer yang terpasang di dalam jaringan dibedakan menjadi dua, yaitu:
  • Komputer workstation, berfungsi sebagai tempat dimana para pengguna (user) jaringan bekerja.
  • Komputer server, berfungsi untuk melayani request (permintaan) data, aplikasi, dan sebagainya. fungsi lainnya adalah untuk mengatur arus lalu lintas jaringan.
berdasarkan perangkat komputer, server dapat dibedakan menjadi:
  • Dedicated server, yaitu komputer yang hanya berfungsi sebagai server.
  • Non-dedicated server, yaitu komputer yg berfungsi sebagai server sekaligus dapat berfungsi sebagai worksation.
Sistem operasi komputer
Salah satu komponen utama LAN adalah sistem operasi komputer, sistem operasi ini berfungsi untuk mengatur komunikasi jaringan berupa dokumen, printer, scanner, dan perangkat lainnya.

Referensi
wikipedia 
Panduan Lengkap pengembangan jaringan Linux (Buku)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Subscribe This Blog

Designed By VungTauZ.Com