Breaking News

Selasa, 30 Agustus 2016

Konfigurasi Mod Rewrite di Apache Web Server

Latar Belakang
Beberapa waktu lalu saya kebingungan waktu install beberapa CMS yang di dalamnya terdapat .htaccess yang mengandung Rewrite Module. Apa sih rewrite module itu ? menurut yang saya tahu sih Rewrite module itu fungsinya buat itu lho, kalau ada url kayak situsmu.com/index.php?page=about di ubah menjadi situsmu.com/page/about, bagi web developer pasti sudah sering ketemu yang kayak gini, apalagi yang sering main Optimasi SEO untuk blognya, soalnya url yang mengandung semacam index.php?page=bla_bla_bla itu tidak Search Engine Friendly, jadi Search Engine seperti mbah gugel serta temen temnya tuh nggak suka sama url yang kayak gituan, karena di anggap URL yang dinamis atau berubah ubah.
Salah satu solusi buat mengatasinya adalah dengan mengatur url sedemikian rupa supaya lebih SEO lagi menggunakan file .htaccess. saya kasih contoh ya script yang ada di .htaccess yang mengandung modul mod_rewrite.
RewriteEngine On RewriteBase /mvc/ RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d RewriteRule ^(.*)$ index.php/$1 [L]
Akan tetapi di situ harus ada modul yang harus di aktifkan pada server apachenya, yaitu modul_rewrite atau mod_rewrite. secara default saat kita memakai hosting yang online, modul tersebut sudah di aktifkan tapi kalau di localhost biasanya belum aktif. nah berikut cara agar mod_rewrite bisa berjalan di server local atau localhost. kali ini saya akan menjelaskan bagi pengguna linux.

Pengertian
Sebuah mesin rewrite adalah komponen perangkat lunak yang melakukan penulisan ulang pada Uniform Resource Locator , memodifikasi penampilan mereka. Modifikasi ini disebut URL menulis ulang. Ini adalah cara menerapkan pemetaan URL atau routing dalam sebuah aplikasi web . Mesin biasanya komponen dari web server atau aplikasi web framework . URL ditulis ulang (kadang-kadang dikenal sebagai pendek, cantik atau mewah URL, search engine friendly - URL SEF, atau siput ) digunakan untuk menyediakan lebih pendek dan lebih relevan tampak link ke halaman web. Teknik ini menambahkan lapisan abstraksi antara file yang digunakan untuk menghasilkan halaman web dan URL yang disajikan kepada dunia luar.

Tujuan
Menginstal dan Konfigurasi Mod_Rewrite

Alat-bahan
1. Web Server Apache
2. SSH
3. Koneksi Internet ( tergantung repository)
 
Langkah-langkah
Buka terminal  kemudian login sebagai super user, kalau di ubuntu yang sudo sudo itu lho. kemudian ketikkan baris perintah berikut untuk membuka file konfigurasi apache2.
root@aminudin:# gedit /etc/apache2/apache2.conf
Berhubung saya punya gedit, saya pakai editor gedit, tapi kalau sobat punya editor favorit silahkan di pakai, bisa menggunakan nano, vi, atau geany.
Kemudian cari baris dengan tulisan sebagai berikut:
# Include module configuration:
Biasanya di situ sudah ada dua baris script di bawahnya, kamu tambahkan saja di bawah dua baris script tersebut seperti di bawah ini.
# Load Modul Secara Langsung www.aminsaga.ga
LoadModule rewrite_module /usr/lib/apache2/modules/mod_rewrite.so
Hasil 
dalam hal ini kita sudah bisa mengkonfigurasi mod rewrite, mod rewrite digunakan untuk menyamarkan url website, ha ini bertujuan untuk mengamankan website dari serangan hacker.

Referensi
id.wikipedia.org
http://sucipto.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Subscribe This Blog

Designed By VungTauZ.Com