Breaking News

Jumat, 26 Agustus 2016

Konfigurasi HSRP di Cisco Packet Tracer

Latar Belakang
Dalam jaringan komputer, Hot Standby Router Protocol (HSRP) adalah Cisco proprietary protokol redundansi untuk membangun gateway default toleran. Versi 1 dari protokol itu dijelaskan dalam RFC 2281. Tidak ada RFC untuk versi 2 protokol.

Protokol menetapkan kerangka kerja antara router jaringan untuk mencapai gateway default failover jika gerbang utama menjadi tidak dapat diakses, dalam hubungan erat dengan protokol routing cepat-konvergen seperti EIGRP atau OSPF. HSRP router mengirim multicast Hello pesan ke router lain untuk memberitahu mereka tentang prioritas mereka (yang router lebih disukai) dan status (Aktif atau Standby).



Pengertian
Router utama dengan prioritas dikonfigurasi tertinggi akan bertindak sebagai router virtual dengan alamat IP gateway yang telah ditetapkan dan akan menanggapi permintaan ARP / ND dari mesin yang terhubung ke LAN dengan alamat MAC virtual. Jika router utama gagal, router dengan tertinggi berikutnya prioritas akan mengambil alih alamat IP gateway dan menjawab permintaan ARP dengan alamat MAC yang sama, sehingga mencapai transparan failover gateway default.


Di alamat MAC virtual, Xs mewakili ID grup di hex.

HSRP bukan routing protocol karena tidak beriklan IP rute atau mempengaruhi tabel routing dengan cara apapun.

HSRP memiliki kemampuan untuk memicu failover jika salah satu atau lebih interface pada router turun. Hal ini dapat berguna untuk router cabang ganda masing-masing dengan satu link kembali ke gateway. Jika link dari router utama turun, router cadangan akan mengambil alih fungsi utama dan dengan demikian mempertahankan konektivitas ke gateway.

Tujuan
Konfigurasi HSRP dI Cisco Packet Tracer

Langkah-langkah
Pertama buat topologi Seperti berikut ini:


Kemudian masukkan ip address masing-masing interfaces, setelah itu konfigurasi seperti berikut ini:

Router 0

Router 1

Kemudian untuk verifikasi HSRP-nya anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:
1. Test ping dari laptop0 ke laptop 1
2. Komunikasi normal akan melalui router 0

Selesai

Sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Subscribe This Blog

Designed By VungTauZ.Com