Android Lollipop
Tampilan Android Lolipop |
Desain material
Android
5.0 membawa desain Material untuk Android dan memberikan Anda sebuah UI toolkit
diperluas untuk mengintegrasikan pola desain baru dengan mudah di aplikasi
Anda. 3D pandangan baru membiarkan Anda menetapkan z-tingkat untuk meningkatkan
unsur off dari tampilan hirarki dan bayangan realtime, bahkan ketika mereka
bergerak. Built-in aktivitas transisi membawa pengguna mulus dari satu negara
ke negara lain dengan indah, gerakan animasi. Tema materi menambahkan transisi
untuk kegiatan Anda, termasuk kemampuan untuk menggunakan elemen visual bersama
seluruh kegiatan.
desain material Android Lolipop |
Untuk
memutar ulang film, klik pada layar perangkat animasi yang tersedia untuk tombol, kotak centang, dan
kontrol sentuh lainnya di aplikasi Anda. Anda juga dapat menentukan digambar
vektor dalam XML dan menghidupkan mereka dalam berbagai cara. digambar vektor
skala tanpa kehilangan definisi, sehingga mereka yang sempurna untuk satu warna
ikon dalam aplikasi.
Sebuah
sistem yang dikelola benang pengolahan baru yang disebut Render Thread terus
animasi halus bahkan ketika ada penundaan di UI thread utama.
Kinerja fokus
Android
5.0 menyediakan lebih cepat, pengalaman komputasi halus dan lebih kuat. Android
sekarang berjalan secara eksklusif pada runtime ART baru, dibangun dari bawah
ke atas untuk mendukung campuran depan-of-waktu (AOT), just-in-time (JIT), dan
kode diinterpretasikan. Ini didukung pada ARM, x86, dan arsitektur MIPS dan
sepenuhnya kompatibel 64-bit. ART meningkatkan kinerja aplikasi dan responsif.
pengumpulan sampah efisien mengurangi jumlah dan durasi jeda untuk acara GC,
yang sesuai dengan nyaman dalam jendela v-sync sehingga aplikasi Anda tidak
melewatkan frame. ART juga dinamis bergerak memori untuk mengoptimalkan kinerja
untuk keperluan foreground. 5.0 memperkenalkan dukungan platform Android untuk
arsitektur 64-bit digunakan oleh Nexus 9 NVIDIA Tegra K1. Optimasi menyediakan
ruang alamat yang lebih besar dan peningkatan kinerja untuk beban kerja
komputasi tertentu. Aplikasi yang ditulis dalam bahasa Java dijalankan sebagai
64-bit aplikasi otomatis-tidak ada modifikasi yang diperlukan. Jika aplikasi
Anda menggunakan kode asli, kami telah memperpanjang NDK untuk mendukung ABI
baru untuk v8 ARM, dan x86-64, dan MIPS-64.
Melanjutkan
fokus pada kinerja halus, Android 5.0 menawarkan peningkatan A / V sync. Audio
dan grafis pipa telah diinstrumentasi untuk cap waktu lebih akurat, yang
memungkinkan aplikasi video dan game untuk menampilkan halus konten
disinkronkan.
pemberitahuan
Pemberitahuan
di Android 5.0 yang lebih terlihat, mudah diakses, dan dikonfigurasi. Berbagai
detail pemberitahuan mungkin muncul pada layar kunci jika diinginkan oleh
pengguna. Pengguna dapat memilih untuk memungkinkan tidak ada, beberapa, atau
semua konten pemberitahuan akan ditampilkan pada layar kunci aman. pemberitahuan
alert kunci seperti panggilan masuk muncul di kepala-up pemberitahuan-floating
jendela kecil yang memungkinkan pengguna untuk menanggapi atau memberhentikan
tanpa meninggalkan aplikasi saat ini. Anda sekarang dapat menambahkan metadata
baru untuk pemberitahuan untuk mengumpulkan kontak terkait (untuk peringkat),
kategori, dan prioritas. Template notifikasi media baru memberikan kontrol
media yang konsisten untuk pemberitahuan sampai dengan 6 tombol tindakan, termasuk
kontrol kustom seperti "thumbs up" -tidak perlu lagi untuk
RemoteViews!
Aplikasi Anda di layar
lebar
Android
TV menyediakan platform TV lengkap untuk pengalaman layar besar aplikasi Anda.
TV Android ini berpusat di sekitar pengalaman layar awal sederhana yang
memungkinkan pengguna untuk menemukan konten dengan mudah, dengan rekomendasi
pribadi dan pencarian suara. Dengan Android TV kini Anda dapat membuat besar,
pengalaman berani untuk aplikasi atau konten permainan dan dukungan Anda
interaksi dengan permainan controller dan perangkat input lainnya. Untuk
membantu Anda membangun sinematik, 10-kaki UIS untuk televisi, Android
menyediakan kerangka UI leanback di perpustakaan dukungan v17. Android TV
Masukan Framework (TIF) memungkinkan aplikasi TV untuk menangani video stream
dari sumber seperti HDMI input, TV tuner, dan penerima IPTV. Hal ini juga
memungkinkan pencarian siaran TV dan rekomendasi melalui metadata yang
diterbitkan oleh Masukan TV dan termasuk HDMI-CEC Control Service untuk
menangani beberapa perangkat dengan satu remote. Kerangka TV Masukan
menyediakan akses ke berbagai sumber masukan TV hidup dan membawa mereka
bersama-sama dalam satu antarmuka bagi pengguna untuk mencari, melihat, dan
menikmati konten. Membangun layanan masukan TV untuk konten Anda dapat membantu
membuat konten Anda lebih mudah diakses pada perangkat TV.
Android
5.0 memperkenalkan Ikhtisar didesain ulang ruang (sebelumnya disebut Terkini)
yang lebih fleksibel dan berguna untuk multitasking. API baru memungkinkan Anda
untuk menunjukkan kegiatan yang terpisah di aplikasi Anda sebagai dokumen
individual bersama layar terbaru lainnya.
Anda
dapat mengambil keuntungan dari dokumen bersamaan untuk memberikan pengguna
akses cepat ke konten atau layanan. Misalnya, Anda mungkin menggunakan dokumen
bersamaan untuk mewakili file dalam aplikasi produktivitas, pertandingan pemain
dalam game, atau chatting di aplikasi messaging.
Konektivitas canggih
Android
5.0 menambahkan API baru yang memungkinkan aplikasi untuk melakukan operasi
bersamaan dengan Bluetooth Low Energy (BLE), sehingga kedua scanning (pusat
mode) dan iklan (modus perifer). fitur multi-jaringan baru memungkinkan
aplikasi untuk query jaringan yang tersedia untuk fitur yang tersedia seperti
apakah mereka Wi-Fi, seluler, meteran, atau menyediakan fitur jaringan
tertentu. Kemudian aplikasi dapat meminta sambungan dan menanggapi hilangnya
konektivitas atau perubahan jaringan lainnya. NFC API sekarang memungkinkan
aplikasi untuk mendaftarkan ID aplikasi NFC (AID) secara dinamis. Mereka juga
dapat mengatur layanan emulasi disukai kartu per layanan aktif dan membuat
catatan NDEF mengandung UTF-8 data teks.
Grafis kinerja tinggi
Dukungan
untuk Khronos OpenGL ES 3.1 sekarang menyediakan game dan aplikasi lain yang
tertinggi kinerja 2D dan kemampuan grafis 3D pada perangkat yang didukung. Gameloft
Rival Knights menggunakan ASTC (Adaptive Scalable Texture Compression) dari AEP
dan Compute Shaders dari ES 3.1 untuk memberikan HDR efek (High Dynamic Range)
Bloom dan memberikan detail lebih grafis. OpenGL ES 3.1 menambahkan shader
menghitung, tekstur stensil, dipercepat efek visual, kualitas tinggi dll2 / EAC
kompresi tekstur, maju render tekstur, ukuran tekstur standar dan format membuat-buffer,
dan banyak lagi. Android 5.0 juga memperkenalkan Android Ekstensi Pack (AEP),
satu set ekstensi OpenGL ES yang memberikan Anda akses ke fitur seperti shader
tessellation, shader geometri, ASTC tekstur kompresi, interpolasi per-sampel
dan shading, dan kemampuan rendering canggih lainnya. Dengan AEP Anda dapat
memberikan kinerja grafis tinggi di berbagai GPU.
Tampilan Grafis Android Lolipop |
Audio yang lebih kuat
Sebuah
desain audio capture baru menawarkan input audio latency rendah. Desain baru
meliputi: menangkap benang cepat yang pernah blok kecuali selama read; jalur
cepat menangkap klien pada tingkat asli sampel, jumlah saluran, dan kedalaman
bit; dan normal menangkap klien menawarkan resampling, atas / bawah saluran
campuran, dan atas / bawah kedalaman bit. Multi-channel audio streaming
pencampuran memungkinkan aplikasi audio profesional untuk mencampur hingga
delapan saluran termasuk 5.1 dan 7.1 channel. Aplikasi dapat mengekspos konten
media dan isi media dari aplikasi lain, kemudian meminta pemutaran. Konten
terkena melalui antarmuka queryable dan tidak perlu berada pada perangkat. Aplikasi
memiliki kontrol yang lebih baik-butiran lebih text-to-speech synthesis melalui
profil suara yang berkaitan dengan lokal spesifik, kualitas dan Peringkat
latency. API baru juga meningkatkan dukungan untuk pengecekan error sintesis,
sintesis jaringan, penemuan bahasa, dan fallback jaringan. Android sekarang
termasuk dukungan untuk periferal USB audio standar, yang memungkinkan pengguna
untuk menghubungkan headset USB, speaker, mikrofon, atau kinerja tinggi
periferal digital lainnya. Android 5.0 juga menambahkan dukungan untuk codec
audio Opus.
Baru
MediaSession API untuk mengendalikan media pemutaran sekarang membuatnya lebih
mudah untuk memberikan kontrol media konsisten di layar dan pengendali lainnya.
Kamera & Video ditingkatkan
Android
5.0 memperkenalkan semua API kamera baru yang memungkinkan Anda menangkap
format baku seperti YUV dan Bayer RAW, dan parameter kontrol seperti waktu
pemaparan, sensitivitas ISO, dan durasi bingkai pada basis per-frame. Pipa
kamera sepenuhnya-disinkronkan baru memungkinkan Anda untuk menangkap gambar
YUV resolusi penuh terkompresi pada 30 FPS pada perangkat yang didukung. Selain
memberikan kontrol yang lebih besar pengambilan gambar, API baru juga
mengekspos informasi rinci tentang sifat dan kemampuan kamera dan memberikan
metadata yang menggambarkan pengaturan penangkapan setiap frame. Aplikasi
mengirim video stream melalui jaringan sekarang dapat mengambil keuntungan dari
H.265 Efisiensi Tinggi Video Coding (HEVC) untuk encoding dioptimalkan dan
decoding data video. Android 5.0 juga menambahkan dukungan untuk tunneling
multimedia untuk memberikan pengalaman terbaik bagi definisi ultra-tinggi (4K)
konten dan kemampuan untuk memainkan audio terkompresi dan data video
bersama-sama.
Android di tempat kerja
Pengguna
memiliki kesatuan pandangan pribadi dan pekerjaan aplikasi mereka, yang badged
untuk memudahkan identifikasi. Untuk mengaktifkan membawa--sendiri-perangkat
untuk lingkungan perusahaan, proses pengadaan dikelola baru menciptakan profil
kerja aman pada perangkat. Di peluncur, aplikasi ditampilkan dengan lencana
Kerja untuk menunjukkan bahwa aplikasi dan data yang diberikan dalam profil pekerjaan
oleh administrator TI. Pemberitahuan untuk kedua pribadi dan pekerjaan profil
yang terlihat dalam pandangan yang seragam. Data untuk setiap profil selalu
disimpan terpisah dan aman dari satu sama lain, termasuk ketika aplikasi yang
sama digunakan oleh kedua profil. Untuk perangkat yang dimiliki perusahaan,
administrator TI dapat mulai dengan perangkat baru dan mengkonfigurasi dengan
pemilik perangkat. Pengusaha dapat mengeluarkan perangkat ini dengan aplikasi
pemilik perangkat sudah terpasang yang dapat mengkonfigurasi pengaturan
perangkat global.
Apliaksi Pribadi |
Layar menangkap dan berbagi
Android
5.0 memungkinkan Anda menambahkan kemampuan layar menangkap dan berbagi layar
untuk aplikasi Anda. Dengan izin pengguna, Anda dapat menangkap video non-aman
dari layar dan mengirimkannya melalui jaringan jika Anda memilih.
Jenis baru sensor
Di
Android 5.0, sensor kemiringan detektor baru membantu meningkatkan pengenalan
aktivitas di perangkat yang didukung, dan sensor detak jantung melaporkan
denyut jantung dari orang menyentuh perangkat. New sensor interaksi komposit
sekarang tersedia untuk mendeteksi interaksi khusus seperti bangun isyarat,
sikap mengambil, dan sikap pandangan.
Rilis
awal untuk Android 5.0 termasuk versi Chromium untuk WebView berdasarkan rilis
Chromium M37, menambahkan dukungan untuk WebRTC, WebAudio, dan WebGL. Chromium M37 juga termasuk dukungan
asli untuk semua spesifikasi Web Components: Custom Elements, Shadow DOM, Impor
HTML, dan Template. Ini berarti Anda dapat menggunakan Polimer dan elemen
desain bahan dalam WebView tanpa perlu polyfills. Meskipun WebView telah didasarkan pada Chromium sejak Android 4.4,
lapisan Chromium sekarang diupdate dari Google Play. Sebagai versi baru dari Chromium menjadi tersedia, pengguna dapat
memperbarui dari Google Play untuk memastikan mereka mendapatkan tambahan terbaru
dan perbaikan bug untuk WebView, menyediakan API web terbaru dan perbaikan bug
untuk aplikasi menggunakan WebView pada Android 5.0 dan lebih tinggi.
Aksesibilitas & masukan
API
aksesibilitas baru dapat mengambil informasi rinci tentang sifat-sifat dari
jendela di layar yang terlihat pengguna dapat berinteraksi dengan dan
menentukan tindakan masukan standar atau disesuaikan untuk elemen UI. New
Metode Input Editor (IME) API memungkinkan cepat beralih ke IME lainnya
langsung dari metode input.
Alat untuk membangun
aplikasi baterai hemat
New
pekerjaan API penjadwalan memungkinkan Anda mengoptimalkan masa pakai baterai
dengan menunda pekerjaan untuk sistem untuk menjalankan di lain waktu atau di
bawah kondisi tertentu, seperti ketika perangkat pengisian atau terhubung ke
Wi-Fi. Sebuah perintah baru adb batterystats menghasilkan statistik penggunaan
baterai yang dapat Anda gunakan untuk memahami penggunaan daya sistem-lebar dan
memahami dampak dari aplikasi Anda pada baterai perangkat. Anda dapat melihat
sejarah peristiwa listrik, penggunaan listrik perkiraan per UID dan komponen
sistem, dan banyak lagi.
Komentar
Posting Komentar